download

Jumat, 10 Oktober 2008

hati2 dgn email yg nggak jelass..



Bapak/Ibu yang terhormat,

Menunjuk email kami tanggal 29 Agustus 2008 perihal Informasi adanya email yang terindikasi penipuan, bersama ini kami sampaikan bahwa saat ini muncul kembali email phising yang dimanfaatkan oleh penipu untuk mendapatkan data nasabah terutama User ID dan Pin Mandiri Internet.

Mohon Bapak/Ibu menyampaikan pesan kepada nasabah agar selalu waspada.

Salam,

e-Banking Mandiri

Contoh email Phising terbaru :

From: Internet Banking Mandiri [mailto:ib@bankmandiri.co.id]
Sent: 19 September 2008 9:39
To:

Subject: Konfirmasi Identitas Anda

Pengguna Internet Banking Bank Mandiri yang terhormat, silahkan konfirmasi kembali identitas diri anda.

karena akun anda telah di non-aktifkan secara otomatis oleh sistem kami. karena seseorang telah mencoba masuk berulang-ulang meski tidak berhasil.

Namun sistem/Auto-robot kami merespon sebagai salah satu tindak kriminal. Aktifkan kembali akun anda dengan identitas semula.

klik disini untuk konfirmasi.

Demikian informasi dari kami, semoga ditindak lanjuti dengan bijaksana.

Terima kasih.

Hormat Kami,
Bank Mandiri

....................................................................................

The user of Internet Banking Mandiri, please re-confirm your identity. Because your account was not actived with our system. some body has try login to your account but not successed. But our Auto-boot responbility as crime cyber. please re-confirm your account with current identity.

click here to confirm

Hopefully this information help you.

Thank You.

Best Regards,
Bank Mandiri

Note: jika di-klik hyperlink “klik di sini” atau “click here” Penipu akan membawa nasabah/korban menuju halaman konfirmasi palsu yang bukan berasal dari Bank Mandiri. Terlihat dari alamatnya yang bukan alamat Internet Banking Bank Mandiri. Alamat halaman konfirmasi palsu ini adalah http://postcanto.no/cache/mandiri/Login.do.htm

-----Original Message-----
From: ebanking
Sent: Friday, August 29, 2008 2:03 PM
To: AdministratorHQ
Subject: Informasi adanya email yang terindikasi penipuan -PENTING!!!

Yth Bapak/Ibu Administrator,

mohon email ini dapat disampaikan kepada seluruh pegawai.

rgds

ebanking

===== ==

Bapak/Ibu yang terhormat,

Kami telah menerima laporan bahwa ada pihak yang mengaku Bank Mandiri dan mengirimkan email kepada masyarakat dengan menggunakan metode tebar jaring . Isi email mengatakan Bank Mandiri sedang melakukan Upgrade Data Base dan oknum tersebut meminta nasabah Bank Mandiri menginformasikan User ID, Pin, Password, tanggal lahir, nomor rekening, dan saldo rekening. (contoh email terlampir)

Dengan ini kami tegaskan bahwa email tersebut bukan berasal dari Bank Mandiri dan terindikasi penipuan bermodus Phising. Phising, adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah. Penjelasan lebih lengkap mengenai Phising dapat dibaca di www.bankmandiri.co.id pada bagian e-Banking info mengenai Penipuan bermodus Phising di Internet Banking.

Apabila Bapak/Ibu menerima email dimaksud kami sarankan untuk melakukan tindakan berikut:

1. Tidak memberitahukan data yang diminta oleh oknum tersebut

2. Menginformasikan kepada kami melalui Call Mandiri 14000 atau 021 52997777 atau melalui email: customer.care@bankmandiri.co.id atau ebanking@bankmandiri.co.id

3. Email dari kami ini dapat dijadikan pedoman apabila ada nasabah yang meminta konfirmasi, sampaikan bahwa petugas Bank tidak akan pernah menanyakan PIN kepada Nasabah.

4. Selalu mengingatkan nasabah untuk waspada agar terhindar dari penipuan.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Salam,

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Mass & Electronic Banking Group

E-Channel Business Dept

=============================



contoh email penipuan:

--- On Fri, 8/22/08, Customer Services wrote:

From: Customer Services
Subject: CONFIRM YOUR BANK MANDIRI ACCOUNT
To:
Date: Friday, August 22, 2008, 11:44 PM

Dear Bank Mandiri Login Owner,

This message is from www.bankmandiri.co.id ( Bank Mandiri ) messaging
center to all www.bankmandiri.co.id Login owners. We are currently
upgrading our data base and Login center. We are deleting all unused Login
account at www.bankmandiri.co.id (Bank Mandiri) to create more space for
new one.

To prevent your account from being closed down you will have to update it
below so that we will know that it's a present used account.

CONFIRM YOUR LOGIN ACCOUNT BELOW

LOGIN USER ID :................................................!


LOGIN PIN : .......................................................

LOGIN PASSWORD:...........................................

Date of Birth : ....................................................

ACCOUNT NUMBER : .........................................

ACCOUNT BALANCE: .........................................

Warning!!! Login owner that refuses to update his or her Login,within
Seven days of receiving this warning will lose his or her Login
permanently.

Thanks,
www.bankmandiri.co.id Team
https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=en_US
Bank Mandiri BETA.

3 komentar:

Cipta Adhi Prakasa mengatakan...

ooo...skarang emang makin banyak modus penipuan...
ckckckckck....

EvieJPu mengatakan...

Astaghfirullah..udh brp nasabah yg jadi korban?
Kenapa sich orang koq seneng bgt menipu orang lain...

Anonim mengatakan...

untungnya rekening saya gak pernah poll, jadi rugi kaliye yangngirim ma rekening mahsiswa kere kayak gini. tpi ini penging bangen infonya, coz besok2 kan rekeningku poll

I hope dream come true

Semoga tiba datang dengan waktunya Ternyata doa yang selama ini kupanjatkan kepada Allah SWT ndak sia sia dengan datangnya kwitansi kecil it...